Tips Memilih Sepatu untuk jogging

Tips Memilih Sepatu untuk Jogging

Sumber :: Ayusha Laksmi - wolipop
Dan sumber tambahan lainya

Jogging dan lari merupakan olahraga yang paling mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat. Meski jogging bukan olahraga yang berat, namun Anda perlu memperhatikan sepatu yang digunakan. Salah dalam memilih sepatu dapat membuat anda tidak maksimal saat berlari dan bahkan menimbulkan cidera.

Dalam memilih sepatu lari ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti bentuk kaki, kesesuaian sepatu dengan kaki, dan tipe gerakan lari yang akan Anda lakukan. Meskipun sama-sama sepatu lari, tetapi beda tipe menawarkan tingkat stabilitas, bantalan, dan kontrol gerakan yang berbeda-beda. Berikut cara untuk memilih sepatu lari yang tepat

1. Identifikasi Tipe Kaki
Cara mengidentifikasinya adalah dengan membasahi kaki kemudian injak kertas untuk membentuk jejak kaki. Jejak kaki yang sangat berlekuk dengan tidak ada atau hanya sedikit sejak antara bagian depan kaki dan tumit menunjukkan bahwa kaki Anda tipe melengkung. Tipe tersebut membutuhikan sepatu dengan sol yang melengkung.

Untuk kaki yang tidak begitu berlekuk membutuhkan sepatu yang stabil dan bisa menyokong bentuk kaki. Sedangkan kaki yang tidak memiliki lekukan, atau datar butuh sepatu yang sangat stabil yang dapat membantu mengontrol gerakan. Pilihlah sol yang terbuat dengan material yang kuat sepanjag bagian tepi kaki agar tidak mudah rusak.

2. Kesesuaian Sepatu
Pastikan bahwa sepatu yang Anda kenakan sesuai dengan ukuran kaki anda. Sebelum membeli, cobalah sepatu dengan ukuran setengah lebih besar dan kenakan kaus kaki yang biasa anda kenakan untuk lari. Bagian tumit harus pas dan ada jarak sebesar jempol antara jari kaki terpanjang dengan sepatu. Bagian tengah kaki harus terasa nyaman ketika memakai sepatu.

3. Sepatu Khusus Lari
Pilih sepatu yang memang khusus dibuat untuk olahraga lari. Sepatu olahraga lain mungkin lebih ringan tetapi kurang stabil dibandingkan dengan sepatu lari. Sepatu ini didesain untuk membantu anda berlari lebih cepat. Track shoes biasanya memiliki duri-duri di bagian bawah untuk membantu kecepatan anda saat berlari. Semakin panjang jarak yang ditempuh, maka semakin panjang pula duri yang dibutuhkan. Track shoes biasa digunakan untuk lari sprint dan memiliki bantalan yang kurang.

Off-road shoes dibuat dengan daya tarik yang lebih, bumper untuk jari, dan jahitan di bagian luar untuk meningkatkan pertahanan dan perlindungan. Bantalan sepatu ini lebih sedikit dibandingkan sepatu lari biasa karena didesain untuk dataran yang lebih lunak.

4. Beli Sepatu Pada Malam Hari
Lebih baik beli sepatu saat malam hari karena pada saat itu kaki manusia akan membesar sehingga menghindari kemungkinan sepatu kesempitan.
Jangan lupa ganti sepatu lari anda setelah digunakan untuk berlari sejauh 350-400 mil karena bagian tumit dan tengah sepatu sudah tipis. Hal ini juga untuk menghindari anda terkena cidera.

#IU7PEON

No comments:

Post a Comment