Tips Memilih Sepatu Jogging Yang Baik

Tips Memilih Sepatu Untuk Jogging

Tips berikut adalah tips kedua yg bersumber dari dunia olah raga yang diposting oleh andi wira dan sumber sumber lainya, mohon di simak dan terimakasih telah berkunjung di blog rumble ^^

Sebenarnya pemilihan sepatu sangat dipengaruhi juga oleh perbedaan perorangan seperti berat badan, bentuk kaki, dan jarak tempuh saat lari.  Juga penting untuk diusahakan bahwa pemilik sepatu akan merasa enak menggunakan sepatunya. 

Pastikan utamakan kenyamanan pemakaian bila kalian ingin membeli sepatu untuk fungsi olahraga yang baik dan maksimal

Untuk memilih sepatu, dapat menggunakan petunjuk dibawah ini:

1. Sepatu harus mempunyai semacam bantalan untuk meredam benturan, tetapi harus cukup lentur juga.
2. Sepatu harus dapat dilipat ditengah dengan mudah. 
3. Sepatu yang ringan tidak sesuai dengan orang yang berat badannya lebih dari 80kg. 

Orang-orang yang berat badannya tergolong berat harus mencari sepatu dengan tumit yang kuat agar memberi stabilitas yang cukup kepada kaki dan sol bagian tengah (bahan berpegas antara telapak dengan sol bagian dalam) yang tidak terlalu menekan.

Jangan terlalu terikat akan nomor yang tertera di sepatu karena nomor dan bentuk sepatu karena berbeda untuk masing-masing pabrik.  Cobalah sepatunya dengan sedikit berjalan agar mengetahui kesesuaiannya. Jangan membeli sepasang sepatu karena teman atau orang terkenal memakainya.  Karena tiap orang memiliki karakteristik bentuk kaki tersendiri.  karena kaki memiliki perbedaan bentuk, ukuran, lebar dan tinggi lengkungan.

Untuk masing-masing gaya lari terdapat tipe sepatunya sendiri-sendiri (misal lari pada tumit, kaki dengan telapak datar).  Demikian juga untuk macam larinya, misalnya jogging, marathon dan lari lintas alam. Carilah sepatu siang sampai malam, saat dimana kaki anda agak bengkak dan agak besar, karena hal ini juga akan terjadi bila anda melakukan jogging. Bila mencoba sepatu, pakailah kaos kaki yang biasa anda gunakan saat melakukan jogging.

Letakkan sepatu yang akan anda beli diperpukaan yang datar dan perhatikan apakah bagian tumitnya tegak lurus (seharusnya memang demikian) dengan lantai. Untuk memastikan lagi, perhatikan hal berikut: Tumit harus pas agar tidak naik turun secara berlebihan Bagian terlebar dari sepatu haruslah pas dengan bagian terlebar kaki anda Antara ujung jari kaki anda yang terpanjang dengan bagian depan sepatu harus ada jarak sekitar satu lebar jari tangan (sekitar 1,5 cm).  Anda harus dapat menggoyangkan jari kaki.

Bila sepatu anda memakai tali, maka bila lubang talinya dapat ditarik sampai berdekatan, itu berarti bahwa bagian atas sepatu terlalu besar.  Bila jarak antara lubang-lubang teli terlalu jauh, berarti bagian atas sepatu terlalu kecil Pastikan bahwa kaki anda pas dengan sepatunya dari tumit sampai jantung kaki.  Jantung kaki ialah nagian kai yang paling lebar dan harus terletak pada bagian sepatu yang dilenturkan.

Cobalah selalu kedua sepatu dengan tali terikat, kemudian berdirilah, berdirilah, berjalan dan lari kecil.  Bila terasa tidak enak ditoko sepatu, kecil kemungkinannya bahwa nanti akan terasa enak bila anda lari dengan sepatu tersebut

Iu7peo1n

No comments:

Post a Comment