How to Make Mayonaise

cara membuat mayones


Di toko-toko banyak dijual mayonaise yang siap pakai.  Jika ingin mencoba membuat sendiri, bisa coba mencampur bahan-bahan di bawah ini untuk membuat mayones.






Bahan dasar:
  •     6   kuning telur ayam
  •     250 gr margarin, lelehkan
  •     5 sdm gula pasir
  •     2 sdt garam halus
  •     1 sdt mustard pasta, larutkan dengan sedikit air
  •     1 sdm cuka masak

Cara membuat:
  • Campurkan kuning telur, margarin, gula pasir dan garam halus.  Aduk sampai rata.  Tambahkan larutan mustard sedikit demi sedikit, sambil di aduk, sampai mengental.  Kemudian tambahkan cuka, dan aduk sampai rata.
  • catatan:
  • Mayonnaise yang dijual dipasaran sudah mengandung stabillizer dan bahan pengawet, sehingga air dan minyak tidak mudah terpisah, dan bisa disimpan lebih lama.  Jika menggunakan resep ini, sebaiknya masakan disajikan segera, sebelum mayonnaise rusak.

Mayonaise II
  • Mayonaise sebenarnya adalah koloid, yakni berupa emulsi air dalam minyak yang dicampur dengan kuning telur (emulgator). Ternyata cara buat mayonaise tuh gampang loh, nggak perlu bahan dan alat yang aneh-aneh.
  • Membuat mayonaise atau makanan apapun intinya adalah feeling alias bermain dengan intuisi kita. Dalam membuat mayonaise pun kita bisa menggunakan beberapa bahan tambahan sesuai dengan selera kita.

Berikut ini adalah resep pembuatan mayonaise yang hemat dan sederhana dari saya, semoga bermanfaat.

Bahan-bahan:
  1. Kuning telur (4 buah)
  2. Minyak sayur (300 mL) ; minyak zaitun (recommended)
  3. jeruk nipis (3 buah)
  4. Air panas (1 sendok makan)
  5. Cuka/vinegar (1 sendok makan)
  6. Bubuk mustard (1 sendok teh)
  7. Penyedap rasa (1 sendok teh)
  8. Merica (1/2 sendok teh)
  9. Garam secukupnya

Cara Pembuatan:
  1. Campurkan kuning telur, bubuk mustard, garam, merica, dan penyedap rasa dengan mixer (kecepatan rendah) atau boleh diaduk manual pake tangan (kecepatannya silakan disesuaikan) hingga tercampur sempurna.
  2. Masukkan minyak sayur sedikit demi sedikit (setiap kali satu sendok) sambil terus diaduk sampai adonan mengental.
  3. Ketika adonan mulai mengental, masukan air jeruk nipis dan sedikit cuka. kemudian masukkan minyak sayur lagi, lalu cuka lagi, terus menerus hingga minyak sayur dan cukanya habis.
  4. Masukkan satu sendok air panas sambil terus diaduk hingga kekentalannya cukup, lalu campuran didinginkan.
  5. Tempatkan diwadah yang bersih dan kering, siap dihidangkan.
  6. Mayonaise bisa disimpan di lemari es atau langsung dinikmati saat itu juga.

Gimana, cukup sederhana bukan? Klo mayonaise hasil buatanmu ternyata nggak enak, berarti kesalahan ada pada kamu. Coba cek lagi bahan-bahannya apa udah lengkap, bersih, dan sesuai dengan takaran di atas? Klo masih nggak enak juga, mending langsung beli yang udah jadi aja, hehe..

Mayonaise III:
Buat simple mayo

Bahan
  • roti tawar,buang kulitnya
  • margarin
  • cuka/jeruk nipis
  • susu kental manis

cara masak
  • rebus roti tawar dgn air secukupnya,campurkan margarin,angkat dan saring,kemudian blender sembari campur cuka/air jeruk secukupnya,jika ingin lbh gurih dapat di campur susu kental manis secukupnya

Mayonaise IV

Cara membuat:
  1. Masukkan beberapa kuning telur, jus lemon, dan sejumlah garam ke dalam mangkuk.
  2. Pada saat mixer sedang berputar, tambahkan minyak salad sedikit demi sedikit ke dalam campuran tadi, dan biarkan mixer terus berputar.
  3. Bila semua campuran tadi dirasa sudah cukup lembut, hentikan mixer. Lalu aduk adonan mayones beberapa saat dengan menggunakan spatula.
  4. Masukkan mayones ke dalam wadah bersih. Tujuannya, untuk menghindari terbentuknya lapisan kerak pada wadah.
  5. Agar lebih awet, masukkan mayones ke dalam lemari es. Gunakan mayones untuk olesan sandwich, saus calamry, salada sayur, atau salad buah.


Penjelasan dan cara pembuatan:
  1. Ada berbagai macam cara pembuatan mayones. Mayones biasanya dibuat dari campuran minyak, kuning telur, cuka, garam dapur dan mustard. Alat pengocok mayones bisa berupa handmixer, food processor, blender, atau dikocok secara manual dengan memakai pengocok telur atau garpu.
  2. Mayones juga bisa dibuat dari putih telur saja asal dikocok dengan kecepatan tinggi menggunakan food processor. Tekstur dan rasa mayones yang dihasilkan juga mirip dengan mayones dari kuning telur.
  3. Pada resep tradisional Perancis, minyak zaitun atau minyak safflower sebagai bahan utama pembuat mayones.
  4. Mayones buatan sendiri mengandung kadar lemak hingga 85%, sedangkan mayones produksi pabrik mengandung kadar lemak sekitar 70-80%. Mayones rendah lemak mengandung tepung dan bahan pengisi lain untuk meniru mayones yang asli.
  5. Mayones dibuat dari kuning telur mentah sehingga bisa menyebabkan sumber infeksi salmonela. Pastikan telur sudah dicuci bersih dan gunakan telur yang masih segar jika ingin membuat mayones sendiri. Mayones buatan sendiri hanya tahan beberapa hari di dalam lemari es.


Bahan & Cara membuat:
  1. Siapkan 2 kuning telur, 250 ml minyak nabati( minyak zaitun, salad oil atau minyak goreng yg tidak berbau), dan 1 sdt cuka masak.
  2. Kocok kuning telur dengan garpu hingga agak putih, masukkan minyak nabati sedikit demi sedikit ( setiap kali menuang 1/2 sdt) sambil terus dikocok. Setelah kental dan terbentuk emulsi, masukkan cuka masak sekaligus, aduk.
  3. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit sambil terus di kocok, sampai minyak habis.
  4. Jika suka, bisa ditambahkan 1 sdt seledri cincang ke dalam mayoness

No comments:

Post a Comment