Pace Maker - Alat Pacu Jantung

Penemuan tidak disengaja ini telah menyelamatkan hidup banyak orang hingga hari ini. Seorang insinyur Amerika, Wilson Greatbatch, sedang bekerja dengan sebuah peralatan yang merekam denyut jantung tidak beraturan, ketika ia menyisipkan sebuah tipe resistor yang keliru ke dalam penemuannya. Sirkuit berdenyut, lalu diam, lalu berdenyut lagi. Kemudian, dia mendekatkan alat ini ke jantung dan jadilah alat pacu jantung yang digunakan sampai sekarang.


pace maker


Apa itu alat pacu jantung? 

Alat pacu jantung atau nama lainnya pacemaker adalah sebuah alat kecil yang ditanamkan di bawah kulit pada daerah dekat jantung. Alat ini dapat membantu jantung seseorang dalam mengontrol denyutnya. Pacemaker ini terdiri dari 2 bagian, yaitu: generator dan lead.

Generator merupakan sebuah komputer kecil dengan baterai sebagai sumber energinya dan dibungkus dalam suatu wadah titanium. Baterai pacemaker ini dapat bertahan hingga 5 – 8 tahun.

Sementara itu, Lead merupakan sebuah kabel yang fleksibel yang terhubung dengan generator dan dimasukkan ke jantung melalui pembuluh darah vena.

pace maker


Kapan pacemaker digunakan? 

Jantung manusia sendiri mempunyai pacemaker alami yang disebut nodus sinoatrial atau SA node. Nodus ini tergabung dalam suatu sistem elektrik yang mengontrol otot jantung sehingga jantung dapat berdenyut dengan irama teratur dan efisien. Gangguan pada sistem ini dapat mengakibatkan gangguan irama jantung yang disebut dengan aritmia.
Denyut jantung yang lambat disebut bradiaritmia, sedangkan denyut yang cepat disebut takiaritmia. Bradiaritmia ini merupakan penyebab yang paling sering untuk pemasangan pacemaker.
Gangguan irama jantung dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya usia tua, serangan jantung, ataupun kelainan bawaan. Apapun penyebabnya, pacemaker dapat membantu mengatasi gangguan ini.

Bagaimana cara kerja pacemaker?
Alat ini bekerja melalui 2 cara, yaitu: menganalisa fungsi dari sistem elektrik jantung, dan mengirimkan sinyal elektrik berkekuatan rendah untuk memperbaiki sistem elektrik jantung bila tidak berfungsi dengan normal. Oleh karena itu, pacemaker tidak mengambil alih fungsi elektrik jantung, tetapi hanya memperbaikinya bila terjadi gangguan.

No comments:

Post a Comment