Sejarah Dollar dan Simbolnya $

Sejarah Dollar melibatkan banyak negara dari berbagai benua. Nama "dollar" jauh lebih tua dibandingkan satuan mata uang Amerika. Kata Dolar adalah bentuk Anglikan (Inggris) dari kata "thaler", nama untuk koin yang dicetak pada 1519 dari pertambangan perak di Joachimstal, Bohemia (sekarang berada di perbatasan Rep. Ceko, dalam bahasa Ceko disebut Jáchymov). Thaler sendiri merupakan singkatan dari nama asli koin - Joachimsthaler.




Pic:
Thaler Hungaria cetakan 1692
Thaler Kroasia, 1534

perbandingan ukuran Thaler dan Dollar Amerika
Dollar lalu dipakai dalam bahasa Inggris untuk menyebut koin-koin tersebut, bukan hanya yang dicetak di Eropa Tengah tapi juga pada koin peso Spanyol dan real de a ocho / piece of eight-real Portugis .

Koin-koin ini, terutama peso Spanyol atau dollar dipakai secara luas di koloni Amerika Utara Inggris karena minimnya jumlah koin resmi Inggris. Hal itu yang membuat Amerika Serikat memilih "dollar" sebagai nama mata uang bukannya pound.

Thaler adalah satuan mata uang di kerajaan Prussia dan negara-negara kecil di Jerman sebelum penyatuan Jerman pada 1871.

Penggunaan Dollar Lainnya:
Daler Scandinavia Negara-negara Scandinavia memiliki koin "daler" sendiri sebagai alat tukar, sebelum pemakaian krona sebagai mata uang Uni Scandinavia pada 1873. Dollars dalam karya Shakespeare Hal menarik penggunaan kata dollar di Inggris jauh sebelum berdirinya Amerika Serikat bisa ditemui di dua drama Shakespeare di tahun 1611. Ini mengindikasikan kata dollar sudah dipakai di Inggris sebelum bapak peziarah pertama (Pilgrim Fathers) berlayar ke Amerika pada 1620
Macbeth & Tempest:
Macbeth Act I, Scene 2 Rosse: "That now Sweno, the Norway's King, craves composition; Nor would we deign him burial of his men Till he disbursed at Saint Colme's Inch Ten thousand dollars to our general use." The Tempest, Act II, Scene 1 Gonzalo: "When every grief is entertain'd that's offer'd, Comes to th' entertainer - Sebastian: "A dollar." Gonzalo: "Dolour comes to him, indeed: you have spoken truer than you purpos'd."
Penggunaan kata dollar oleh Sakespeare menyalahi jaman karena Macbeth meninggal pada abad ke-11, atau lima abad sebelum thalers pertama dicetak. Dollar Amerika Tengah Penjelajahan Spanyol di Mexico dan Potosi (Bolivia) berhasil membuka harta karun bangsa Aztec dan Maya serta pertambangan perak dan pencetakan koin perak pesoatau disebut dollar Spanyol yang dipakai luas saat itu sebagai alat tukar di Amerika, Eropa dan Asia. Dollar Amerika Serikat Selama masa kolonial, koin resmi Inggris berjumlah sedikit dan hasilnya berbagai pengganti alat tukar dipakai di koloni-koloni Inggris di Amerika, diantaranya serfikat penyimpanan tembakau di Virginia. Uang kertas pun sempat dipakai oleh pihak Inggris dan pemberontak Amerika, sampai hyperinflasi membuat uang kertas yang disebut Continentals sama sekali tidak berharga. Dollar Inggris Pada 1797, minimnya koin perak, Bank Inggris menggunakan cadangan koin dollar Spanyol senilai setengah juta pounds dan mencetak ulangnya dengan gambar Raja Charles IV dan George III. Dollar di Kerajaan Inggris dan Persemakmuran Kanada Besarnya perdagangan Kanada dengan Amerika Serikat dan pengaruh pergantian mata uang pound sterling ke sistem desimal Amerika membuat pemerintah Inggris menyetujui pemakaian dollar oleh provinsi Kanada secara perlahan pada 1853-1857. Dollar Kanada dicetak di Inggris hingga didirikannya percetakan koin di Ottawa pada 1908. Australia, Selandia Baru dan Kepulauan Pasifik Berbeda dengan Kanada, Australia tetap memakai poundsterling bahkan hingga setengah abad kemerdekaannya dari Inggris. Karena rintangan alam dan pembagian satu pound menjadi 20 shilling dan satu shilling menjadi 12 pence, banyak usulan di Inggris untuk menggunakan pendesimalan. Baru hingga 1971, Inggris mengadopsi sistem pendesimalan dan membagi satu pound menjadi 100 pennies. Namun, berbeda dengan Inggris, Australia memutuskan menghentikan penggunaan pound dan mengadopsi dollar. Dua dollar baru Australia senilai dengan satu pound lama Australia, maka dollar Australia berharga 10 shilling
New Zealand Dollar coin:

Selandia Baru mengikuti Australia dan menggantikan pound lamanya dengan dollar Selandia Baru pada 1967. Fiji dan kepulauan Solomon juga mengadopsi dollar sebagai mata uang nasional. Beberapa pulau kecil seperti Kiribati, Tuvalu dan Nauru memakai dollar Australia. Afrika Satu dari koloni pertama Inggris yang memakai dollar adalah Zimbabe. Tak lama setelah kemerdekaannya dari Inggris, Rhodesia menggantikan pound Rhodesia dengan dollar Rhodesia. Kemudian negara tersebut berganti nama menjadi Zimbabe dan mengganti nama mata uang menjadi dollar Zimbabwe.
Uang kertas Dollar Zimbabwe:


Afrika Selatan masih menggunakan rand. Kenya dan Uganda memakai shilling. Pada 1935, pemerintahan Inggris memperkenalkan mata uang baru, British est Indies Dollar, di koloni Inggris di Karibia. Sebelumnya, koloni Inggris di Karibia menggunakan dollar Amerika selain pound sterling. Setelah kemerdekaan, koloni-koloni tersebut menggunakan dollar Amerika atau dollar terbitan sendiri, seperti dollar Kepulauan Cayman. Timur Jauh Di Koloni Inggris, Malaya dan Singapura, mata uang resmi adalah ruppe India namun publik umumnya menggunakan aktivitas keuangan dengan dollar dan sen. Pada 1867, pemerintahan Inggris melegalkan penggunaan koin asing seperti dollar Hong Kong, Mexico, Peru dan Bolivia. Pada 1874, dollar Amerika dan Yen Jepang juga dilegalkan pemerintah Inggris di Singapura. Baru pada 1894, dollar Inggris untuk koloni di Timur Jauh dicetak dan diterbitkan. Kebanyakan dollar "Inggris" sebenarnya dicetak di Bombay, India. Pada 1902, dollar Straits Settlement (Singapura) digunakan, pelegalan koin asing dicabut dua tahun sesudahnya. Dollar Asing di China Bangsa Tionghoa menggunakan logam dasar sebagai alat tukar mereka sejak mereka menemukannya. Dalam transaksi besar, alat tukar logam dan perak dalam ukuran berat tidak terlalu nyaman bagi pemakainya. Alternatif alat tukar lainnya adalah uang kertas, yang mana China lebih dulu temukan sebelum Eropa sekitar 1455. Tidak lama, penggunaan dollar Mexico dalam perdagangan Spanyol - China terjalin setelah kapal-kapal Spanyol yang membawa perak berlayar rutin dari Acapulco, Mexico ke Manila untuk membeli barang-barang China seperti keramik dan sutera. Setelah Perang Opium, negara-negara lain seperti Perancis, Jerman, Amerika dan Jepang juga membuka perdagangan dengan China, hasilnya banyak koin asing tersebar di China, terutama dollar Mexico. Kesuksesan Revolusi Komunis akhirnya mengakhiri masa-masa kerusuhan mata uang yang lama terjadi di China.




mata uang Dollar lain dari wikipedia


penggunaan Dollar di dunia








Carribean Dollar / Dollar Mexico udah punah


Negara Lain yang memakai Dollar $ Amerika (tidak resmi)



Info Lebih Lengkapnya KLIK << From kaskus
user 4888804

No comments:

Post a Comment